Monday, May 09, 2011

(News) Klarifikasi Kontroversi Michael Mind & Sean Kingston atas lagunya yang mirip SHINee “Ready or Not”



Michael Mind Project, a German house & dance producer duo, baru2 ini merilis “Ready or Not” yang menampilkan vokal2 Sean Kingston, dan lagu tersebut menerima perhatian sebagai lagu mascot resmi untuk FIFA Women World Cup tahun ini, dan ini juga menjadi perhatian di komunitas online music korena karena kemiripannya dengan lagu SHINee “Ready or Not.”
Saat lagu pertama kali dirilis dan dibagi ke internet, credit diberikan Michael Mind Project untuk produksi, tidak seperti versi SHINee yang lirik2nya di creditkan pada Misfit dan komposisi & arangementnya pada Mikko Tamminem, Risto Asikainen and Will Simms.
Dengan penemuan ini, Shawols dengan cepat memposting komentar2 marah pada video dan papan2 pesan dalam bahasa Inggris yang menyebut Sean Kingston sebagai  “Kegagalan total,” “SHINee copier,” “f***ing s***,” dan bahkan “pencuri” dan  “blackdog,” yang spam komentar2 dengan tuduhan plagiat dan threat2 kebencian. Salah seorang fan mengatakan, “Bye bye Sean Kingston, saat SM menemukanmu ^^ kamu siap atau tidak ~ untuk mati ;D“.
Reaksi2 ini sendiri juga menerima backlash dari netizens yang merespon, “Tenang dan berhenti memberikan kesimpulan2,” “fans k-pop bisa menjadi sangat memalukan,” and, ”Shawols, tolong jangan membuat SHINee terlihat buruk dengan berdebat atau flaming. Harus hormay, hanya katakan saja kalau kalian memilih SHINee… that’s it.“ Komentar lain,”Saya secara pribadi tidak memberikan sebuah  f*** tentang siapa yang menyanyikan lebih baik..Mungkin Shinee and Sean membuat deal hal yang sama semacam Run Devil Run.
Lalu, Michael Mind Project mempost dengan pesan yang menjelaskan kalau kedua versi dari “Ready or Not” dipotong/diambil dari sebuah lagu original Finlandia yang berjudul “Girls,” dan baik itu Michael Mind Project dan SM Entertainment memproduksi lagu tersebut dengan legal rights (sah secara hukum). Berikut post-annya.
DI hari yang sama, Eero Tolppanen (yang melisensi untuk Elements Music) mempost di wall facebook Elements Music, yang merupakan perusahaan rekaman Finlandia yang pemilik hak untuk lagu aslinya “Girls”,
Eero Tolppanen: Akan menjadi besar! Michael Mind Project feat. Sean Kingston – “Ready or Not” akan menjadi lagu mascot resmi dari FIFA Women’s World Cup! Lagu dtulis oleh penulis2 Elements Music Mikko Tamminen and Risto Asikainen bersama2 dengan Will Simms (Universal). Hit incoming!”
Singkatnya, dengan post2 resmu Michael Mind Project & Element Music, maka lagu Sean Kingston “Ready or Not” itu dijual secara hukum dari adaptasi dari “Girls.” Mengingat kontroversi ini sudah beredar dan bagaimana beberapa fans yang sudah “panas” sebelum mendengar cerita keseluruhan, kami berharap kalau fans Kpop secara umum akan bisa lebih berfikir dan lebih dewasa daripada dengan cepat menuduh dan memberikan kesimpulan2 di masa depan. 
Sean Kingston telah meluncurkan karir musiknya pada  tahun 2007 dan lagu2 hitnya termasuk “Fire Burning” (yang ironisnya menjadi spotlight di Kpop tahun lalu, saat U-KISS‘ “Bang Bang Bang” diklaim menjadi plagiat versi dari “Fire Burning”), “Eenie Meenie” (with Justin Bieber) and “Beautiful Girls.”
credit: allkpop
Indo Trans; yeppopo
DONT TAKE OUT or REPOST ^o^

No comments:

Post a Comment