Monday, May 09, 2011

(News) SM Entertainment Memiliki Masalah Tentang Hak Cipta Lagu!



Sebagai tambahan  TVXQSNSDSHINee and Super Junior, kuintet pop f(x) mungkin menjadi daftar artis baru SM Entertainment yang menarik perhatian public karena masalah2 remake lagu.
Sejak merilis album full pertama f(x) “Pinocchio”, netizens menemukan versi bahasa inggris dariDangerDangerous and Beautiful Goodbye yang dikatakan memiliki kemiripan dengan lagu2 f(x) yang menciptakan penasaran dikalangan banyak fans mengenai keaslian (asal usul) dari album ini.
Kristine Elezaj, seorang artis Albanian-American, pertama menangkap perhatian netizens saat lagunya yang berjudul Razor, ditemukan.  Selain dari beberapa variasi,  Razor mendekati lagu  f(x)’sDanger.  Dan terungkap melalui salah satu laporan kalau SME membeli hak cipta  Danger lalu di produksi ulang secara legal sebagai lagu mereka sendiri.
Lagu kedua yang mengumbulkan  buzz adalah lagu penyanyi pop Norwegi  Carina Dahl yang berjudul Sticky Dough, yang memiliki kemiripan dengan lagu  f(x)  Dangerous.
Lalu lagu ketiga f(x) Beautiful Goodbye identik dengan lagu dengan judul yang sama milik  Kasey Butler yang dirilis tahun 2008. (Klik Disini)
Beberapa netizens  akhirnya menghindari tuduhan2 plagiat dan menyarankan kalau SME mungkin membeli hak lisensi kepada lagu2 yang telah di produksi lalu membuat ulang mereka (lagu2)
Lagi, SM Ententertainment memiliki masalah2 mengenai hak cipta lagu. Sebelumnya ada TVXQ  Mirotic & Sarah Connor Under My Skin yang diungkapkan memiliki hak distribusi yang dibagi berdasarkan pada wilayah, TVXQ hanya bisa merilis Mirotic di Asia dan Sarah Connor hanya bisa di Amerika Utara dan Eropa.
Lalu ada SHINee Juliette, yang menampilkan lirik2 original Jonghyun adalah remake dari Corbin BleuDeal With It, and Hit Me juga owes its roots to the original Bad Case oleh Jackie Boyz (dan jugaMarques Houston & Omarion, tapi itu sebuah masalah lain).
SNSD Tell Me Your Wish dirilis secara illegal oleh penyanyi Uzbek Dineyra (Raqsga Tushgin) tanpa izindari Universal Music, lalu dirilis terpisah (sebagai versi berlisensi) oleh penyanyi Belanda  Nathalie Makoma (I Just Wanna Dance) tahun lalu dengan lirik2 Bahasa Inggris asli. SNSD Run Devil Run juga dihubungkan ke lagu Ke$ha dengan judul yang sama, yang ternyata menjadi lagu panduan yang belum pernah dirilis.
Terakhir lagu Super Junior Carnival yang di lisensikan remake dari 2005 track of the same title oleh band Belanda Chipz.
Dan sekarang SME dilaporkan membeli hak cipta untuk memproduksi ulang Razor untuk lagu f(x)DangerSedangkan untuk Dangerous dan Beautiful Goodbye, SME masih belum merilis kata2 resmi apapun mengenai masalah ini, jadi fans harus menahan diri dari bentuk penilaian2 atau asumsi2 yang berkembang (mengenai penjiplakan, hak cipta atau hal lain).
Note: Kalau kalian mau dengerin lagunya tinggal Klik Aja judul lagu diatas ya soalnya itu udah di link ke Youtubenya!
Dan Satu lagi, Artikel Ini sifatnya untuk menginformasikan dan bukan Untuk Bahan Bashing, Jadi kasih KOmentar yang pantas ya ^^
credit: allkpop
Indo trans: yeppopo
DONT TAKE OUT or REPOST

No comments:

Post a Comment